PROFIL BKPSDM
INFOSelamat datang di website resmi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Bolaang Mongondow Timur

BKPSDM Boltim Menggelar Workshop Layanan Kepegawaian Berbasis Digital Melalui Daring

BKPSDM-BOLTIM.INFO – Hari ini BKPSDM menyelenggarakan Workshop Layanan Kepegawaian Berbasis Paperless (Aplikasi Male_o 1.9) dan Sosialisasi Implementasi Pengarsipan Digital melalui video conference menggunakan aplikasi Zoom. Kegiatan ini secara resmi dibuka langsung oleh Kepala BKPSDM Kab. Boltim Bpak. Moh. Rezhah Mamonto, S.Kom. Kepala BKPSDM menyampaikan dalam pembukaan bahwa saat ini di era revolusi industri 4.0 kita sebagai ASN harus mampu beradaptasi terutama dalam pemanfaatan teknologi informasi demi penyelesaian tugas dan pekerjaan.

Materi pembuka pada Workshop ini berkaitan dengan implementasi pengarsipan digital disampaikan oleh Kepala Sub Bidang Pengadaan, Pemberhentian Data dan Informasi Rusdin, S.Kom. Kemudian dilanjutkan dengan materi Layanan Kepegawaian Berbasis Paperless (Aplikasi Male_o 1.9) yang disampaikan oleh Kepala Sub Bidang Mutasi, Kepangkatan Dan Fasilitasi Profesi ASN Happy E. Malonda, STP.

Sesuai dengan Peraturan Menteri PANRB Nomor 5 tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, ruang lingkup penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di instansi pusat dan daerah yang dievaluasi mencakup tiga hal, yakni domain kebijakan internal, tata kelola, dan layanan SPBE.

Berdasarkan hal tersebut dibuatlah Peraturan Kepala BKN Nomor 22/KR.XI/SK/III/2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang Pedoman Aplikasi Manajemen Layanan Elektronik Online.

Aplikasi Maleo ini adalah Pendukung Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) BKN dan merupaka Inovasi BKN Regional XI Manado untuk BKD/BKPP/BKPSDM di lingkup Kantor Regional XI BKN Manado.

Tujuan penerapan Aplikasi Berbasis Elektronik secara online adalah:

  • Lebih efektif dan efisien;
  • Tidak lagi menggunakan kertas (papperless);
  • Permintaan data satu kali untuk jangka waktu yang lama;
  • Dapat dengan mudah mencari/melacak berkas dan statusnya;
  • Dengan adanya pandemi covid 19, maka menghindari tatap muka dengan pengelola layanan kepegawaian.

Proses penyampaian materi dalam workshop berlangsung interaktif dimana peserta dalam hal ini Pengelola Kepegawaian di Setiap Unit kerja cukup antusias, terbukti dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi pada saat sesi tanya jawab.

Kegiatan Workshop ini direncanakan akan selenggarakan dari taggal 24 Juni hingga 26 juni 2020.

(Sub Bidang Pengadaan, Pemberhentian, Data dan Informasi)

 

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda merasa ini bermanfaat bagi orang lain silahkan like dan share

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *